Mesin Pulsar Mati ketika Suhu Mesin Panas?

bagi anda pengguna pulsar pernah mengalami hal tersebut.ketika anda lagi asyik asyiknya berkendara tiba tiba motor mati pada saat kondisi suhu mesin panas. hal tersebut tentunya akan membuat anda kebingungan dan terlebih lagi pada rider wanita.

motor pulsar mogok

Berikut ini akan dijelaskan penyebab dan solusi yang dapat dilakukan pengecekan ketika motor mati mendadak pada saat mesin panas

1. Pengapian pada motor sudah lemah

hal pertama yang harus anda lakukan pada motor pulsar anda adalah dengan melakukan pengecekan kondisi busi. bisa jadi bagian ujung busi sudah rusak, basah atau longgar. saran adalah dengan mengganti busi dengan yang baru. Komponen lainnya yaitu spool dimana spool yang bermasalah akan mengakibatkan mesin motor pulsar mati dengan tiba tiba pada saat motor lagi panas. hal tersebut mungkin karena usia spool anda sudah lama sehingga perlu penggantian. selanjutnya adalah CDI dimana motor bisa mati mendadak pada saat kondisi mesin panas, segera cek CDI anda.

Solusi untuk No. 1  adalah lakukan pengecekan pada busi, spool dan CDI motor pulsar anda dan apabila ditemukan komponen rusak maka segera ganti dengan part yang sesuai spesifikasi

2. Tersumbatnya Saluran Bahan Bakar

Saat motor pulsar mogok karena suhu mesin yang panas hal ini bisa juga disebabkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke karburator terjadi penyumbatan, maka menyebabkan bahan bakar tidak lancar.

Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang bensin  menuju karburator sehingga bensin tidak normal atau bahkan tidak mengalir.

Kemungkinan lain adalah adanya kotoran di dalam karburator. Sering sekali di dalamnya ada kotoran yang berasal dari tangki bensin motor. Bensin yang kotor mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator menjadi tersumbat dan motor bisa mati mendadak karena aliran bensin menuju ruang bakar tidak normal.

Solusi untuk No 2:

Perbaikan pada saluran bahan bakar agak rumit khususnya untuk pemula, tapi jika Anda bisa maka bukan hal yang rumit untuk bisa service karburator motor sendiri. Cek dengan teliti apakah pada bagian saluran bahan bakar  yang masuk ke karburator ada kotoran atau tersumbat, bersihkan terlebih dahulu, tapi jika penyakitnya pada karburator segera bawa motor Anda ke bengkel motor agar bisa di perbaiki oleh ahlinya.

3. Berkurangnya Kapasitas Oli mesin pulsar

Kenapa oli mesin motor pulsar bisa berkurang? Ini disebabkan karena motor tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang menyebabkan uap panas yang bisa berakibat oli bisa keluar melalui pori-pori endapan mesin.

Penyebab oli mesin berkurang adalah lemahnya ring piston yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih atau dengan kata lain oli ikut terbakar. Pada motor 4tak busi yang dibasahi oleh oli mesin menyebabkan busi tidak tahan lama.

Dengan begitu oli akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai motor pada suhu yang panas mengakibatkan motor mati mendadak atau bisa juga orang bilang mengakibatkan motor ngancing yakni kondisi piston macet karena tidak adanya oli pelumas.

Solusi No 3 :

Segeralah untuk membeli oli motor pulsar anda dan sangat disarankan memakai oli tahan panas sehingga oli tidak mudah menguap. dan menggantinya di bengkel motor atau menambah oli baru jika oli mesin motor Anda berkurang dan juga memperbaiki yang menyebabkan oli berkurang dengan sendirinya.

Demikian informasi mengenai cara Memperbaiki Motor yang Mati Mendadak, semoga bermanfaat dan terimakasih

 

1
×
Hallo
apa yang bisa dibantu? sebutkan type pulsar dan suku cadang yang anda cari dengan detail..
error: Content is protected !!